Jumat, 24 April 2015

Bagian - Bagian Sepeda






Sebagai seorang gowesser kita harus tahu bagian-bagian dalam sepeda kita, berikut penjelasannya


Handle Bar
Handle bar disebut juga dengan stang kemudi, pada MTB ada beberapa jenis Handle bar yaitu Monkey bar, Rise Bar dan Standart bar. Handle bar adalah kokpit sepeda kita, kontrol gigi transmisi, rem depan dan belakang terdapat pada handle bar.




Frame
Merupakan bagian terpenting dari sepeda, tanpa frame tidak akan terbentuk sepeda.




Top Tube
Merupakan bagian dari frame sepeda bagian atas.


Down Tube
Merupakan bagian dari frame sepeda, melintang dari Headset dan terhubung langsung dengan top tube seat, Stay dan rumah bottom bracket.



Shifter
merupakan komponen pemindah gigi transmisi, berfungsi untuk menggerakkan Front Derailleur dan Rear Derailleur.



Hand Grip
merupakan pembungkus (stang kemudi) berbahan karet/tape tergantung kebutuhan. Usahakan Handgrip tidak berputar saat kita berkendara, Handgrip yang terlalu tebal atau terlalu tipis mengurangi kenyamanan saat berkendara.




Brake Lever
Tuas Rem (depan dan belakang), posisikan brake lever dengan benar, usahakan jari tangan dapat meraih tuas dengan mudah.



Stem
Merupakan bagian kokpit sepeda yang berfungsi untuk menghubungkan handle bar dengan Headset dan Fork (Suspensi depan).



Sadle
adalah tempat duduk pengendara, atur posisi sadle agar benar-benar lurus, atur maju dan mundurnya sadle tidak terlalu jauh atau terlalu dekat dengan Handlebar.

Seat Pos
merupakan dudukan sadle penghubung antara sadle dengan frame sepeda.

 
Seat Stay
merupakan bagian belakang frame, untuk MTB dengan suspensi belakang seat stay biasanya berupa swingarm yang terhubung dengan frame.


Pedal
Merupakan komponen yang digunakan untuk memutar bottom bracket dan crankset.




Crank Set
merupakan komponen lengan yang menghubungkan pedal dengan chainrings.



Chain Ring
Merupakan komponen transmisi gigi depan yang berfungsi untuk menghubungkan rantai dengan crank set.



Chain
Merupakan komponen yang sangat vital yang berfungsi untuk menghubungkan crank set dan chain ring dengan komponen roda belakang, sehingga sepeda bisa melaju.



Idler Pulley
merupakan bagian dari rear derailleur, berupa gir kecil desertai dengan tension (per pegas) yang berfungsi agar chain tetap lurus dan tidak kendor.



Front Derailleur
Merupakan komponen vital pada sepeda yang berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi depan (chain ring), front derailleur terhubung labgsung dengan shifter.



Rear Derailleur
merupakan komponen vital pada sepeda yang berfungsi untuk mengatur perpindahan gigi belakang, rear derailleur terhubung langsung dengan shifter.



Rims
Merupakan komponen roda, rim lebih dikenal dengan pelek.



Front Fork
merupakan bagian sepeda yang menghubungkan  roda depan dengan kemudi (handlebar).




Master Diskbrake
merupakan rumah bagi kampas rem, komponen ini berfungsi untuk menjepit diskbrake ketika melakukan pengereman.



Brakepad
Merupakan bantalan yang digunakan untuk mengerem.



Disk Brake
Berupa piringan yang terhubung langsung dengan roda, untuk jenis V brake komponen ini tidak ada.



V-Brake
merupakan sistem pengereman yang menggunakan brake pad dan berbentuk mirip huruf V.




 U-Brake
Merupakan sistem pengereman yang menggunakan brake pad dan berbentuk mirip huruf U.



Spokes
merupakan jari-jari roda yang menghubungkan Hub dengan pelek.



Hub
terletak di bagian tengah roda,hub menghubungkan jari-jari dengan pelek, di dalam Hub terdapat bearing (gotri).

0 komentar :

Posting Komentar